Friday, April 14, 2023

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Gulai Cumi Gendut, Enak

Cara Gampang Membuat Gulai Cumi Gendut, Lezat Sekali

Lagi mencari ide Resep Gulai Cumi Gendut Anti Gagal?, Gulai Cumi Gendut memang sekarang ini sedang banyak dicari oleh teman-teman disekitar kita mungkin salah satunya sobat. orang-orang memang sudah terbiasa menggunakan internet di ponsel untuk melihat informasi gambar untuk dijadikan contoh. Dipostingan Kali ini saya akan sharing langkah-langkah cara menyajikan Gulai Cumi Gendut. Dan untuk membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Gulai Cumi Gendut yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Gulai Cumi Gendut, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan Gulai Cumi Gendut, Lezat Sekali di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial. Berikutnya adalah gambar berkaitan dengan Gulai Cumi Gendut yang bisa sobat jadikan inspirasi.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat Gulai Cumi Gendut Anti Gagal yang siap dikreasikan. Nah, dikesempatan kali ini kita coba yuk, variasikan Gulai Cumi Gendut sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Gulai Cumi Gendut dengan memakai 30 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini tutorial dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Gulai Cumi Gendut Anti Gagal:

  1. 500 gr cumi segar
  2. Perasan jeruk lemon/ jeruk nipis
  3. 1 santan kara (65 ml)
  4. 3 lembar daun salam
  5. 3 lembar daun jeruk
  6. secukupnya Kaldu bubuk
  7. secukupnya Gula pasir
  8. secukupnya Garam
  9. secukupnya Air
  10. Minyak untuk menumis
  11. Tusuk gigi, untuk semat
  12. Isian Cumi :
  13. 5 buah tahu uk. kecil
  14. 2 batang daun bawang, iris
  15. 1 butir telur
  16. 1 sachet Royco ayam
  17. 1/2 sdt lada bubuk
  18. 1 sdt gula pasir
  19. secukupnya Garam
  20. Bumbu halus :
  21. 7 siung bawang merah
  22. 4 siung bawang putih
  23. 5 cabe kriting merah
  24. 2 ruas kunyit
  25. 1 sdm ketumbar bubuk
  26. 1/2 sdt lada bubuk
  27. 1 ruas jahe
  28. 5 butir kemiri
  29. 1 batang serai, memarkan
  30. 1 ruas lengkuas, memarkan

Tutorial cara untuk membuat Gulai Cumi Gendut yang Bikin Ngiler

  1. Siapakan bumbu, haluskan, sisihkan.
  2. Bersihkan cumi, kupas kulit arinya, buang tulang belakangnya, dengan cara ditarik dari bagian atas penggung cumi, buang tintanya dengan cara cabut bagian kepalanya, dan buang tintanya, cuci bersih dan tiriskan, lalu beri perasan jeruk lemon, diamkan beberapa saat.
  3. Untuk isian cumi : haluskan tahu menggunakan sendok/ garpu, masukan daun bawang, telur, kaldu bubuk, gulpas dan garam, aduk rata, dan cek rasa tergantung selera.
  4. Kemudian cumi siap diisi, ambil 1 ekor cumi, isi dengan adonan tahu (jangan penuh isian nya) letakan kepala cumi dibagian atas tempat kepala cumi dan semat menggunakan tusuk gigi, lakukan hal yang sama hingga cumi habis diisi.
  5. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, masukan juga serai, lengkuas, daun salam dan jeruk, tumis hingga wangi, tambahkan air secukupnya, biarkan hingga mendidih.
  6. Masukan cumi, masak dan sesekali diaduk rata, hingga matang (jangan terlalu lama, nanti cumi agak alot), tambahkan gulpas, kaldu bubuk dan garam, lalu masukan santan, aduk rata hingga mendidih, dan koreksi rasa sesuaikan selera, matikan api kompor.
  7. Gulai cumi siap disajikan dengan sepiring nasi hangat.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Gulai Cumi Gendut yang Enak yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat Gulai Cumi Gendut yang Enak yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! dukung kami dengan share postingan ini di sosial media terima kasih

TAGS :Gulai Cumi Gendut

No comments:

Post a Comment

Cara Gampang Membuat Gulai Daun Singkong Anti Gagal

Bagaimana Membuat Gulai Daun Singkong yang Lezat Sekali Anda sedang mencari inspirasi Resep Gulai Daun Singkong Anti Gagal?, Gulai Daun Sing...