Friday, May 5, 2023

Resep Gulai tambunsu (usus) khas Padang Anti Gagal

Resep Gulai tambunsu (usus) khas Padang, Menggugah Selera

Anda sedang mencari inspirasi Bagaimana Menyiapkan Gulai tambunsu (usus) khas Padang yang Enak?, Gulai tambunsu (usus) khas Padang memang sekarang ini sedang banyak dicari oleh pengguna disekitar kita mungkin salah satunya kalian. para netizen memang telah terbiasa menggunakan internet di gadget untuk melihat informasi gambar untuk dijadikan contoh. nah kali ini saya akan berbagi langkah-langkah cara menyiapkan Gulai tambunsu (usus) khas Padang. Dan untuk menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal Gulai tambunsu (usus) khas Padang yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari Gulai tambunsu (usus) khas Padang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan Gulai tambunsu (usus) khas Padang Anti Gagal di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial. Seterusnya adalah gambar mengenai Gulai tambunsu (usus) khas Padang yang dapat Anda jadikan wawasan.

Adapun jumlah porsi yang dapat dihidangkan untuk membuat Gulai tambunsu (usus) khas Padang, Menggugah Selera ialah 8 - 10 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk disajikan untuk diri anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Ok untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam membuat Gulai tambunsu (usus) khas Padang, Sempurna di estimasikan sekitar 2 jam.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah Gulai tambunsu (usus) khas Padang, Lezat Sekali yang siap dikreasikan. Nah, dikesempatan kali ini kita coba yuk, variasikan Gulai tambunsu (usus) khas Padang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Kamu dapat membuat Gulai tambunsu (usus) khas Padang memakai 22 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini tutorial dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Gulai tambunsu (usus) khas Padang yang Lezat:

  1. Bahan isian usus:
  2. 200 gr usus sapi
  3. 250 ml santan kental
  4. 5 bh telur bebek
  5. 2 bh telur ayam
  6. Secukupnya garam
  7. Air untuk merebus
  8. Bahan isian dicampur semua (kecuali usus) dan diaduk sebentar sampai benar tercampur rata
  9. Bahan untuk gulai:
  10. 250 ml santan kental
  11. 1000 ml air
  12. 1 sdm bawang putih halus
  13. 1 sdm bawang merah halus
  14. 1 sdm jahe halus
  15. 1 sdm laos halus
  16. 2 sdm cabe merah halus
  17. 1/2 sdm kunyit halus
  18. 3 daun kunyit
  19. 2 daun salam
  20. 2 daun kunyit
  21. 2 serai
  22. secukupnya Garam, Gula dan merica

Langkah-langkah cara untuk memasak Gulai tambunsu (usus) khas Padang Anti Gagal

  1. Cuci bersih usus sampai benar-benar bersih. Jika dari penjual sudah bersih tetap musti dicuci berulang-ulang. Cara mudahnya masukkan ujung usus ke mulut kran/selang air, biarkan air mengalir dan sesekali ditekan sepanjang usus agar kotorannya keluar. Namun musti hati-hati membersihkan jangan sampai usus bocor/robek.
  2. Didihkan air agak banyak, dan gunakan panci yang besar sehingga nanti semua usus bisa masuk ke dalam panci.
  3. Potong-potong usus sesuai selera, jangan terlalu pendek. Penjual tambunsu di sumatera barat bisa merebus dengan sangat panjang, mungkin anda bisa mencoba. Tapi perlu panci yang besar dan beresiko saat usus bocor. Sebelum merebus pastikan tidak ada yang bocor.
  4. Setelah usus dipotong-potong. Salah satu ujung usus diikat dengan karet gelang sampai benar-benar tertutup. Agar tidak keluar saat diisi. Salah satu sisinya yang lain biarkan terbuka untuk mengisi isian.
  5. Isi isian usus, isi dengan perlahan karena agak sulit karena mulut usus kecil. Bisa gunakan gelas yang ada ujung kecil yang bisa masuk ke mulut usus atau gunakan untuk memudahkan. Setelah diisi, tutup lagi ujung satunya lagi dengan karet gelang. Jangan isi terlalu penuh karena saat direbus isian akan mengembang dan bisa membuat pecah.
  6. Rebus usus dengan air yang sudah mendidih sampai masak sempurna kira-kira 2-3 jam. Perhatikan jangan sampai ada yang bocor.
  7. Di wajan berbeda jika usus sudah hampir matang, tumis semua bumbu halus dan daun-daun bahan gulai. Setelah wangi masukkan santan dan air. Tunggu hingga agak mendidih jangan lupa terus diaduk agar santan tidak pecah
  8. Masukkan usus yang sudah matang ke dalam gulai, seasoning dengan garam, gula dan merica lalu tunggu gulai matang sempurna jika sudah keluar minyak santan dan usus sudah terlihat berubah warna karena bumbu gulai sudah terserap.
  9. Yuk cobain! Semoga cocok dan aroma pasa pabukoan di kampuang memenuhi isi rumah ;)

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Gulai tambunsu (usus) khas Padang yang Lezat Sekali yang mudah di atas bisa membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat Gulai tambunsu (usus) khas Padang Anti Gagal yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! dukung kami dengan share postingan ini di sosial media terima kasih

TAGS :Gulai tambunsu (usus) khas Padang

No comments:

Post a Comment

Cara Gampang Membuat Gulai Daun Singkong Anti Gagal

Bagaimana Membuat Gulai Daun Singkong yang Lezat Sekali Anda sedang mencari inspirasi Resep Gulai Daun Singkong Anti Gagal?, Gulai Daun Sing...